Senin, 22 Agustus 2011

Peralatan&Perlengkapan Makan BLW

Alhamdulillah, BLW ternyata hemat di kantong. Karna dengan BLW, MPASI jadi bisa skip tahap bubur saring, bubur halus dan 'makhluk halus' lainnya. Maka, saya tidak perlu repot beli food processor, food grinder (selain cobek untuk ngulek bumbu. wkwkwk) atau slow cooker. Ini juga berdampak baik pada penghematan energi. Karna masak atau ngukus makanan Almira pun bisa barengan dengan nyiapin hidangan keluarga. Misalnya, ngukus buncis bisa ditaruh di rice cooker waktu menanak nasi. Potongan wortel bisa diempukkan bareng dengan masak sop. Tapi karena di bawah 1 tahun bayi belum boleh makan garam, jadi masaknya tanpa garam dulu. Setelah jatah Almira diangkat, baru di masakan dicemplungin garem. 

Sesekali saya perlu blender untuk menghaluskan daging dalam rangka bikin bakso atau nugget. Tapi itu blender hadiah pernikahan. Jadi nggak beli khusus dalam rangka MPASI.

Peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, sejauh ini penggunaannya masih sangat minim. Nampan high chair berfungsi sebagai piring besar untuk Almira. Sedangkan jarinya berfungsi sebagai garpu. Sesekali Almira perlu sendok untuk mengkonsumsi makanan lembek seperti yoghurt tawar. Caranya, saya isi dulu sendoknya dengan yoghurt, lalu Almira diarahkan untuk pegang sendoknya, kemudian dia sendiri yang masukin ke mulut. Sejauh ini masih lebih sering (belum) sukses sih *menghindari kata 'gagal'* hehe. jadi kalo makan pake sendok, pasti berantakan. Makanya, saya biarkan Almira sampai sekarang makan langsung pakai tangan. 

Kursi Makan
Mulai umur 5 bulan, Almira sudah mulai belajar duduk walo masih gleyat-gleyot. Waktu itu saya menyewa Essian Tot Seat (Bumbo seat versi Korea) selama 2 bulan. Sesekali Almira saya dudukkan di kursi itu dan menebar beberapa teether untuk belajar meraih benda. Baru sekitar 10 hari sebelum genap 6 bulan, di nampan tot seat-nya mulai saya sebar makanan. Setelah masa sewa Essian habis, kami memutuskan untuk membeli high chair. Pilihan jatuh pada Graco Tea Time.
Pertimbangan memilih high chair: supaya Almira terbiasa makan sambil duduk, metode BLW perlu meja makan untuk menaruh makanan. Lebih memilih high chair dibanding booster karena kalo ngeliat booster chair kok kayaknya
ga bsa dipake sampe anak gede. Graco Tea Time dipilih karena memenuhi setidaknya 6 persyaratan versi saya:
  • meja lebar, bsa dilepas dan gampang dibersihin (penting buat BLW-an), 
  • ada pijakan kaki, dan si pijakan kaki bsa disesuai tingginya, 
  • cover jok-nya gampang dibersihin, 
  • harganya <1 juta.
  • ada fitur yg more than i expected: mejanya bsa 3 posisi, jd klo si anak makin gendut, bsa dilonggarin.
  • kalo dilipet dan masuk box-nya lumayan juga kok buat travelling. masi bisa masuk bagasi. walo saya sendiri belum pernah bawa2 sih.

kekurangannya cuma 1 kyknya: ngga bsa disesuain tingginya, in case pengen
di-attach ke meja makan keluarga. tp buat saya sih ga masalah kyknya.
 
 
gambarnya owl.. cute bgt pula. ini foto Almira waktu umur 7 bulan masih diganjel pake handuk kalo duduk, biar tingginya lebih pas :D

Jadi kesimpulannya, yang kami beli khusus untuk BLW sementara ini cuma si Graco Tea Time.

Sebenernya saya masih ngincer 1 peralatan makan: BOON CATCH BOWL, mangkok yang bisa nempel ke meja. tapi masih belum rela beli mangkok harganya lebih dari 100ribu :p



2 komentar:

  1. Aku mo coba caranya almira ah... Udah punya high chair hasil kado, masih dibungkus.. kyknya dah bisa diberdayakan nih.. klo liat modalnya "minim" gitu jd makin pede, berarti ak ga perlu beli apa2 lagi dunk.. hehehe... Doakan ya.. smoga Tangguh berhasil..

    *oya beli BOON CATCH BOWL belinya dimana tuh?

    BalasHapus
  2. akhirnya udah beli Boon Catch Bowl di FB TokoBayi Pangeran Kecilku

    BalasHapus