Senin, 12 Maret 2012

Resep Cake Kukus 'WorLaBi'

Resep Bolu Kukus ini dinamai 'WorLaBi' karna di dalamnya terkandung wortel, labu parang dan ubi.
resepnya terinspirasi dari sini, tapi saya modifikasi sedikit. Resep ini hanya untuk bayi yang sudah jelas tidak alergi terhadap telur.

Bahan :
3 butir telur ayam kampung
200 gram ubi
200 gram labu
1 butir wortel ukuran sedang
50 ml susu segar -> saya pakai susu kedelai
150 gr gula pasir -> saya pakai gula aren)
80 gr tepung terigu -> saya ganti tepung tanpa gluten. sebaiknya diayak terlebih dahulu
2 sdm susu bubuk -> tidak saya gunakan
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
½ sdt vanilla bubuk
1 sdm mentega, cairkan
1 sdm mentega untuk mengoles loyang

Cara Membuat :

  1. Kocok telur dengan mixer, biarkan sampai naik.
  2. Kukus ubi & labu setengah matang
  3. Blender labu kukus, ubi kukus dan wortel mentah dengan susu kedelai dan gula aren
  4. Setelah telur benar-benar mengembang, campur dengan adonan hasil blender (nomer 3), vanila, soda kue dan baking powder. dengan kecepatan mixer paling rendah. Setelah rata matikan mixer.
  5. Masukan bahan lain (tepung bebas gluten dan mentega cair) lalu aduk rata dengan spatula.
  6. Tuang ke loyang yang sudah dioles mentega, lalu kukus kurang lebih 35 menit. Angkat. Sajikan.
  7. Tips: bungkus tutup kukusan dengan serbet/kain bersih agar uapnya tidak menetes kembali ke adonan. Sebelum 35 menit jangan buka kukusan. Setelah cake matang, sepertinya memang tampak sangat lunak, tapi setelah dingin akan lebih memadat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar