Senin, 15 Agustus 2011

BLW vs Berat Badan Bayi

Dalam 6 bulan pertama, saya sangat girang tiap kali nimbang berat badan Almira. Rata-rata sebulan naik 800-1000 gram. Tapi setelah mulai makan, berat badannya naik terus sih, tapi kok jadi dikit-dikit ya?
Eh ternyata ini wajar loh. Sejak umur 5 bulan kan Almira udah mulai bisa tengurep, trus umur 7 bulan bisa duduk, 9 bulan bisa merangkak, sekarang bisa berdiri sendiri. Jadi wajar lah kalo sekarang kalorinya lebih banyak terbuang. Dulu kan waktu masih newborn belum banyak gerak. Trus, ternyata tinggi badannya juga nambah. Kalo dibandingin sama bayi seumurannya, Almira termasuk tinggi. Jadi dia cenderung tumbuh ke atas, bukan ke samping. Saya masih tenang-tenang saja soal berat badan karena yang penting naik, sekitar 200-300 gram. Sesuai tuntunan KMS dan masih berada di area hijau tua bagian atas. Tepat di atas normal. Ngga kurus, ngga kegemukan. Jadi siapa bilang kalo metode BLW bikin bayi beratnya nggak naik?

Yang paling penting sih kalo bagi saya, selama 6 bulan terakhir Almira sehat. Pernah pilek 1 x dan sembuh dalam 3 hari tanpa obat. Selain itu, yang juga ngga kalah penting, dia aktif, lincah, tumbuh kembangnya sesuai umurnya dan tampak bahagia. Alhamdulillah. 

Kalau Anda ibu yang khawatir dengan kenaikan berat badan anak Anda, coba baca artikel Dr. Jay Gordon berikut ini. Bagus deh. Look at your baby, not the scale, Mom :)

Kalau pun dia nampak tidak gemuk, dan neneknya khawatir. Coba jelaskan dengan artikel Dr. Jay Gordon yang satu ini, Mom. "
Children are natural athletes. Left to their own devices, they will play hard, get enough rest, and eat the right foods in the right amounts. If well-meaning adults will just stay out of their way, they’ll look like athletes throughout their childhood."

1 komentar:

  1. Terima kasih, artikelnya membantu meredakan kegalauan saya. Anak laki-laki saya baru mulai BLW, dan bulan ini berat badannya tidak naik plus dia belum mau makan lagi. dua minggu ini makanan hanya dimain-mainkan. Semoga badai segera berlalu :D
    thank you anyway.

    BalasHapus