Senin, 15 Agustus 2011

Proses penyapihan sudah dimulai

Does 'Baby-led WEANING work?
Yes, alhamdulillah. Kalau saya diminta menilai (yang tentu saja subyektif) tingkat keberhasilan BLW Almira, saya akan bilang: 9 dari 10. Jika mengacu pada buku BLW, Almira masih on the right track.
Pertanyaan berikutnya, apakah Almira selama 5 bulan terakhir menunjukkan tanda-tanda 'baby-led weaning' dalam makna "bayi yang mengatur sendiri pengurangan asupan ASI dan menambah asupan makanan"?
Yes, absolutely. Sebetulnya hal yang wajar bagi bayi ASI yang sejak lahir udah biasa nentuin kapan mulai makan dan akan stop kalo kenyang. Tapi ketika si bayi udah mulai makan makanan lain selain ASI, maka akan tergantung metode pemberian makanan untuk menilai seberapa banyak si bayi mulai mengurangi ASI dan menambah asupan makanan pendamping:
  •  bayi yang makan dengan metode disuapi: porsi makan ditentukan pihak yang berwenang (bisa ibu, nenek, atau pengasuh) yang cenderung harus habis. kalo perlu dijejalkan.
  •  bayi 'baby-led weaning', dalam kasus anak saya, karna sejak awal wewenang saya hanya menyiapkan makanan dan Almira sendiri lah yang menentukan nasib si makanan: bakalan sekedar dimainin ato dimasukin mulut sampe akhirnya tertelan, maka saya bisa bilang.. she leads the weaning process.
Hari demi hari saya amati, intensitas dan durasi menyusui Almira mulai berkurang sedikit demi sedikit. Karena saya full-time mom yang sudah tidak pernah lagi memerah ASI, maka saya tidak tahu pasti volume yang sesungguhnya dikonsumsi Almira. Tapi yang jelas, dalam 3 bulan terakhir, Almira paling cepet minta nenen 2-3jam sekali dan cenderung dalam rangka mau bobok aja. Kalo dulu, dia bisa menghabiskan berjam2 untuk nenen. Saya bisa bilang berjam2 karena memang kadang bisa sampe 2 jam. Disambi tidur sih.. hehe. Tapi kalo sekarang, nenen hanya seperlunya. maksimal 5 menit tiap kali nenen. Sepertinya hanya dalam rangka memenuhi dahaga, tapi ngga sampe bikin perut bener2 kenyang.

Bahkan, dalam 3 minggu terakhir, sejak sekitar seminggu sebelum masuk bulan Ramadhan, Almira nenen di pagi-sore hari hanya sekitar 3 kali saja tiap kali akan tidur. Dugaan saya, karna porsi makanan yang tertelan mulai nambah. Di malam hari baru lah dia minta nenen lebih sering. Dini hari bahkan bisa setengah jam sekali. Karena pola baru ini lah, saya jadi makin mantep buat nyoba puasa Ramadhan. Siang hari tugas makanan lah yang mengenyangkan perut Almira, sementara malam hari baru 'boobie juice' menerima order lagi. kqkqkq.

1 komentar:

  1. bunda Almira, suamiku suka gemes kalau liat anak bayi-toddler-balita makannya berantakan. 'ddduuuh, kan mubazirrr.' Nah, bagaimana menanggapinya,yaaa...

    BalasHapus