Rabu, 14 September 2011

Resep BLW: Bakso Tahu Ikan

Ini juga resep favorit saya, tentu saja karena ga cuma bergizi tapi juga mudah dibuat. Sudah diujicoba di dapur Ibu Adhya :D

Bahan:
3 sdm oat halus (saya pake Quaker Oat biru) -> bisa pake blender dry mill yg buat nge-blend bumbu.
1/2 potong tahu tawar tanpa garam -> dihancurkan pake garpu/sendok
1/3 ons tuna -> dilumuri jahe sedikit supaya amisnya ilang, abis itu bilas jahenya, trus dilumatkan pake blender juga.
keju cheddar diptong dadu sangat kecil (optional)

Bumbu:
bawang putih (pake yg bubuk jg bisa biar lebih menyatu sama adonan, atau si bawang putih diblender bareng sama tuna)
1/2 kemiri (menurut saya sih optional)
merica (sedikit banget)
pala (ini juga optional menurut saya) 

Cara memasak:
yawdah deh..campur aja semua adonan, bikin bulet2 seperti bakso, ao dibikin lonjong panjang supaya lebih mudah digenggam. trus dicemplungin ke air mendidih. 
saya udah nyoba bikin dan ga ancur. setelah mengapung tandanya udah mateng dan bisa diangkat. teksturnya pas menurut saya.
beberapa adonan di tengahnya saya kasih potongan kecil keju cheddar. Almira doyan dan so far ga ada reaksi alergi.
resep ini akhirnya jadi kurleb 20 bakso kecil2.

Bisa disimpan di freezer dan tinggal dicemplungin ke air kaldu mendidih untuk disajikan di lain waktu. 

Sumber: dari salah satu ibu di milis MPASIrumahan, tapi saya modifikasi dikit :p
Catatan: Mengandung bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan alergi, terutama kedelai dari tahu, dan tuna. Pastikan bayi Anda sudah 'lulus' masing-masing bahan tersebut.

2 komentar:

  1. Klo resep" ini bisa lsg dikasihkan ke baby umur 6bln keatas pas dia mulai mpasi y bun?

    BalasHapus
  2. Ga perlu tepung ky buat baso biasa ya?

    BalasHapus