Selasa, 20 September 2011

Manfaat & Bahaya Ikan Laut

Tetangga saya cerita kalau hampir tiap hari ngasih salmon atau tuna ke bayinya. Katanya baik untuk perkembangan otak. Saya dulu waktu hamil mengkonsumsi minyak ikan untuk memastikan cukup konsumsi omega 3 dan omega 6 utk perkembangan otak janin saya. Tapi sekarang untuk MPASI Almira, saya agak parno kasih ikan laut banyak-banyak. Penyebabnya apalagi kalau bukan potensi adanya kandungan merkuri pada ikan laut. Menutip dari tempointeraktif.com, Methylmercury, yang biasanya disebut merkuri atau air raksa, adalah neurotoksin potensial yang bisa menyebabkan disfungsi ginjal, gangguan saraf, dan bahkan kematian.

Meskipun cukup khawatir mengenai kadar merkuri dalam ikan laut, toh saya tetep aja sesekali kasih ikan tuna atau salmon fillet yang biasanya dimasak jadi bakso. Resepnya ada di sini. Meskipun tiap kali bikin ikannya ngga lebih dari 1 ons. Penyajiannya pun ngga pernah lebih dari 2 kali seminggu. Menurut dr Ratna Djuwita, MPH, dari Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, di tempointeraktif.com, ikan menjadi sumber lemak esensial yang bagus. Lemak esensial (omega-3 dan omega-6) berfungsi membantu pembentukan sel membran, sehingga mampu menyerap nutrisi lebih baik.

Sebagai kompensasinya, saya biasanya paling sering kasih ikan lele atau belut sebagai sumber protein, selain daging ayam kampung, daging sapi dan telur ayam kampung. Masih dari tempointeraktif.com, ternyata ada pilihan lain untuk mendapatkan omega 3 dan 6. Menurut dokter spesialis gizi klinik, dokter Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, sebenarnya jenis-jenis kacang, sayur, buah, serta telur mengandung omega-3 dan omega-6. "Misalnya telur, alpukat, dan kacang almond," kata dia.Telur seberat 380 gram mengandung omega-3 (0,12 gram) dan omega-6 (4,36 gram). Buah alpukat 250 gram mengandung omega-3 (0,31 gram) dan omega-6 (4,18 gram). Kacang almond mengandung omega-3 (0,0024 gram) dan omega-6 (4,82 gram). Selain itu, bayam, labu, dan brokoli kaya akan omega-3. Buah pepaya pun kaya akan omega-3.

Lalu, bagaimana dengan minyak ikan? perlukah dikonsumsi oleh bayi? 
Jawabannya ada di artikel ini:
Perlukah Bayi Mengkonsumsi Minyak Ikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar