Jumat, 02 September 2011

Pengaruh BLW pada Pertumbuhan Gigi

Alhamdulillah, Almira mulai menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi pada bulan ke-10. Dalam 2 minggu giginya langsung tumbuh 4 secara berturut-turut. Tadinya saya anggap memang sudah waktunya. Tapi dalam hati saya bertanya-tanya: adakah hubungannya dengan cara makannya? 
Baby-led Weaning menjadikan bayi saya makan dengan cara mengunyah terlebih dahulu sebelum akhirnya menelan. Bahkan sejak dia mulai makan. Beda dengan makan bubur yang mungkin langsung telan. Jadi dengan proses mengunyah itu pula, ada reaksi kimia antara air liur dengan makanan yang sangat membantu proses pencernaan. Bukan hanya itu, tapi proses mengunyah ternyata juga memberi stimulus pada otot-otot mulut dan gusi. Lagi-lagi itu menurut Gill Rapley di buku BLW.
Lalu saya iseng konfirmasi pada keponakan yang barusan lulus dari Kedokteran Gigi UGM (dengan asumsi ilmunya masih 'fresh from the oven') dan mencari opini lain dari kakak sepupu yang udah jadi dokter gigi selama bertahun-tahun. Ternyata memang proses mengunyah makanan memberi stimulus pada tumbuhnya gigi. Tapi, bagaimana pun 'bakat' si bayi untuk tumbuh gigi lebih cepat juga berperan di sini. Maka kesimpulannya: 'bakat' + stimulus = tumbuh gigi.
Saya sendiri belum tanya teman-teman yang sudah menerapkan BLW dan anaknya sudah toddler bagaimana proses tumbuh giginya. Apakah juga cenderung lebih cepat? 
Ada yang bisa berbagi pengalaman? :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar