Jumat, 20 Mei 2011

Memulai BLW

Sebelum menerapkan BLW pada anak saya, saya banyak membaca, dari:
(hasil nitip sepupu di Singapore. di Kinokuniya Orchard, Februari 2011 harganya 31.80 SGD. alhamdulillah..sama sepupu dikasih sebagai hadiah). Tapi akhirnya udah ada versi terjemahan bahasa Indonesia yang harganya cuma 1/3-nya :))
2. Diskusi para mama di thread MPASI/MPASu: Baby-led Weaning di The Urban Mama
3. any web, dari googling.
Dengan banyak baca, terutama dari buku, akhirnya saya mantap menerapkan BLW ke Almira. 

Karena salah satu syarat memulai BLW adalah bayi bisa duduk dengan atau tanpa dibantu, misalnya dipangku, maka saya mulai melatih Almira untuk duduk. Untuk itu, saya sengaja menyewa Essian Tot Seat (versi Korea-nya Bumbo seat) dari salah satu persewaan peralatan bayi di Bandung. Latihan duduk ini hanya sebentar-sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit. di meja Essian biasanya saya sebar mainan untuk memberi stimulus di telapak tangannya. Yang saya lakukan ini tidak tertulis di buku, cuman inisiatif sendiri aja. hehe. 

Suatu sore, 10 hari menjelang usianya ke-enam bulan, Almira tiba-tiba berusaha menggapai potongan pir yang hendak dimakan suami saya. Akhirnya kami nekat membiarkan pir itu diambil.. dan Almira memasukkannya ke mulut! Sebenarnya ini hal yang biasa karena bayi umur segitu memang sedang suka memasukkan apapun ke dalam mulut. Tapi karena buah pir cukup licin, jadi agak sulit digenggam dengan mantap. Ketika sudah berhasil masuk mulut, Almira mencoba menghisap sedikit-sedikit. Dia menikmati banget ngisep2 airnya. Digigitin pake gusi tp karna kegedean jd dilepeh lagi. Menurut bukunya, pada usia 6 bulan bayi cenderung akan blajar gigit2 dulu, seandainya berhasil masuk mulut, dia blum akan nelen dgn sengaja.

Sejak sore itu.. kami mencoba melatih BLW sehari sekali sampai Almira betul-betul berusia 6 bulan. Setelah itu, frekuensinya bertambah jadi 2 kali sehari, dan di usia 7 bulan seterusnya sesi BLW-nya jadi 3-4 kali sehari.



3 komentar:

  1. mak'e almira, maksud kalimat terakhir itu "...bertambah jadi 2 kali sehari,..." ya? itu tertulisnya "...bertambah jadi 2 hari sekali,..."
    :)

    BalasHapus
  2. mbak Laela.. makasih udah nanya. jadi nyadar kalo itu salah tulis. udah dikoreksi ya. maksudku "bertambah jadi 2 kali sehari"

    BalasHapus
  3. mom adhya, klo bayi sering liatin kita dengan tatapan serius saat kita mengunyah dan saat kita pegang makanan, apakah itu tanda2 boleh mulai blw? bayi saya usia 9bln25hr sudah mpasi saat 6bln dan beberapa kali saya juga suka taruh cornflakes di piring plastik untuk dia makan sendiri, apa itu sudah dinamakan blw yah mom? tapi masih suka berantakan makannya:)

    BalasHapus