Kamis, 02 Juli 2015

Many thanks to BLW

Long time no post yeah..hehehe. mohon maaf :D

Saat ini Almira yang pengalaman BLWnya dulu sering saya ceritakan di web ini sudah berusia hampir 5 tahun dan sudah punya 2 adik laki-laki. Adik pertamanya, Bimo berusia 2 tahun 3 bulan dan adik keduanya, Pandu, baru saja lahir 3 Juni 2015 lalu. Bersyukur sekali saya kenal BLW dan menerapkannya sejak anak pertama karena BLW mempermudah hidup saya sebagai ibu tanpa baby sitter yang membantu mengasuh anak-anak. Dengan anak-anak yang senang makan dengan kesadaran sendiri saya ngga perlu mengalami stress seperti yang mungkin dialami ibu-ibu lainnya, seperti:
- Gerakan Tutup Mulut (GTM)

- Muter keliling kota sampai si anak makannya habis
- "nyogok" pake makanan yang "menyenangkan" seperti permen, eskrim, dll
- masakin khusus untuk si anak (kayak sosis, nugget, mi instan) 

Saat bisa makan bareng anak-anak, saya usahakan makan bareng mereka. Mulai bareng, selesai hampir berbarengan juga, jadi efisien waktu. Kalo saya lagi repot mengerjakan lainnya, mereka sudah bisa makan sendiri dan akhir-akhir ini setelah makan mereka pun sudah bisa asyik nyuci peralatan makan mereka sendiri. Di sekolah pun Almira doyan makan apapun snack sehat yang disajikan. 

Too good to be true? Nggak juga..saya juga ngalamin repotnya bersih-bersih setelah anak-anak makan kok. Tapi setelah mereka sudah bisa diajak kerja sama, mereka juga bisa diajak membersihkan remah-remah makanannya. Segala kerepotan itu terbayar dengan kepuasan melihat anak-anak mau makan nyaris apa saja makanan sehat yang tersedia di rumah dan kalo lagi pergi-pergi juga ngga repot karena lidah mereka terbuka dengan makanan baru. Susah makan cuman kalo lagi sakit (itu sih orang dewasa juga ngalamin). Saya pun sering mendapat kejutan dari anak-anak seperti misalnya ternyata Almira doyan makan petai cina segar (raw), Bimo doyan wortel segar (raw). 

Semoga Anda sekeluarga yang baru saja mulai atau yang sudah menerapkan BLW dapat memperoleh manfaat dari BLW, tak hanya stress yang minimal dalam mengasuh anak-anak, tapi juga membesarkan anak-anak yang sehat. aamiin. Pastikan Anda membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang BLW, jangan cuma dari "katanya..katanya". Bila perlu bacalah Buku Baby-Led Weaning tulisan Gill Rapley juga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar