Rabu, 12 Oktober 2011

Panduan Makanan Bayi Sesuai Umur




Berikut ini panduan perkenalan makanan bayi / makanan pendamping ASI (MPASI) sesuai saran www.wholesomebabyfood.com:











Makanan berikut ini benar-benar perlu ditunda:
1. Madu -> bukan pencetus alergi tapi bisa menyebabkan botulisme pada bayi di bawah 1 tahun
2. Selai kacang -> pencetus alergi
3. Susu sapi segar (whole milk) -> protein dari susu sapi segar tidak mudah dicerna, terutama oleh bayi di bawah 1 tahun. Kalsium pada susu sapi segar juga menghambat penyerapan zat besi yang sangat penting bagi bayi di bawah usia 1 tahun. Yoghurt dan keju adalah produk turunan sehingga lebih mudah dicerna.
4. Citrus atau buah-buahan asam -> bukan merupakan pencetus alergi tapi bisa menimbulkan ruam dan masalah pencernaah karena keasamannya. 
5. Putih telur, gandum, kerang dan hewan laut bercangkang -> berpotensi menjadi pencetus alergi. Jika ada riwayat alergi di keluarga, sebaiknya diberikan setelah umur 2 atau 3 tahun.
6. Anggur dan kacang (butiran) -> berrisiko menimbulkan tersedak karena ukurannya terlalu kecil.


Sumber: www.wholesomebabyfood.com

Menurut saya sih panduan ini kurang lengkap, karena tidak mencantumkan beberapa jenis makanan yang ada Indonesia, misalnya: belimbing, sawo, kelengkeng, rambutan, buah naga, pepino, sukini, kimpul (sejenis ketela), dll. Hehe. Kalau Anda ragu, bisa diterapkan aturan 4 hari (4 days rule): menyajikan makanan yang sama 4 hari berturut-turut untuk mengetahui adanya reaksi mencurigakan.

Selalu konsultasikan ke dokter spesialis anak, terutama jika ada riwayat alergi (khususnya alergi makanan) di dalam keluarga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar