Jumat, 07 Oktober 2011

Resep Perkedel

Ini sih sepertinya resep paling gampang yang sebenernya saya malu untuk posting di sini karena mungkin semua ibu juga udah tau. Tapi saya dulu sebelum Almira lahir, bahkan masak perkedel aja ngga ngerti caranya. Siapa tau ada ibu2 lainnya yang ngga ada ide "gimana caranya mengolah sumber protein seperti daging sapi yang katanya kaya zat besi untuk bisa jadi finger food? Nah.. perkedel lah salah satu jawabannya. Gampang banget!
Ini perkedel ala saya:
bahan: 
kentang 1 butir -> kukus tapi jangan sampai terlalu empuk. parut pake parutan keju
isian -> bisa pake daging sapi giling, daging ayam giling, ikan tawar, ikan laut, teri, dan sumber protein hewani lainnya. 
1 butir telur -> kocok kuningnya saja (terutama kalau anak Anda belum berumur 1 tahun. putih telur sebaiknya ditunda karena berpotensi memicu alergi)

bumbu:
butter tanpa garam (misal merk Orchid) atau minyak zaitun extra light (misal merk Bertolli)
lada bubuk secukupnya
pala sedikit saja
bawang putih 1 siung secukupnya -> cincang

yeah.. i know..ini memang tanpa takaran yang pasti. semua serba pake feeling. heheh. 
tumis bawang putih cincang dengan minyak zaitun/butter, setelah tercum wangi harum, masukkan isian (protein hewani yang Anda pilih) dan matikan kompur setelah si protein hewani berubah warna (jangan sampe gosong tapi ya!)
kentang setelah diparut dicampur dengan bumbu lada & pala, dibikin bulet2, tekan bagian tengahnya, isi dengan isian (misal daging sapi). lalu tutup cekungan yang udah diisi tadi, trus bulet2in lagi. yah dibikin lonjong juga bisa sih. 
gulung2 di kuning telur.
goreng deh. 
(bisa dengan sedikit minyak, bisa pake teflon atau double pan. menggoreng bisa pake minyak zaitun ya, asal yang extra light.) 
pastikan telur bagian luar sudah menguning matang. angkat. sajikan.

menurut saya sih bisa dikukus. ditaruh di pinggan tahan panas dulu. jadi nanti bakalan mirip schotel tapi udah bentuk lonjong2 :D CMIIW


1 komentar: