Kamis, 13 Oktober 2011

Menghadapi Bayi Yang Menolak Disuapi

Ketika Bayi Menolak Makan dari Sendok - Kenapa bayi tidak mau disuapi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat waktu makan santai & menyenangkan. 

Tiba-tiba, bayi Anda menolak untuk makan saat Anda mencoba untuk menyuapi. Dia mungkin menolak untuk makan dari sendok dalam berbagai cara, mengekspresikan ketidaksenangannya dengan cara-cara yang mungkin mengganggu untuk orang tua. Santai, bayi kecil Anda sedang tumbuh dan penolakan untuk makan dari sendok hanyalah bagian perkembangan alami untuk makan sendiri.

Kapan Bayi Menolak Disuapi? 

Dalam periode antara 8 dan 10 bulan usia (mungkin lebih awal), bahwa bayi Anda dapat mulai untuk menolak disuapi. Ini adalah rentang usia ketika bayi benar-benar mulai menjadi lebih sadar akan keberadaan diri mereka dan apa yang mereka inginkan dan menyatakan kemerdekaan dengan menolak disuapi merupakan salah satu milestone. 
Mengapa Bayi Saya Menolak untuk disuapi? 
Seperti yang telah disebutkan, bayi mulai menemukan kemerdekaan mereka sendiri dalam berbagai cara. Mereka mungkin menunjukkan favoritisme untuk mainan tertentu atau sebel ketika Anda menawarkan mainan yang bukan "mainan favoritnya". Mampu menyatakan preferensi mereka sendiri untuk makan adalah cara lain bagi bayi untuk menyusuri jalan kemerdekaan. Mereka mungkin berusaha merebut sendok, menjauh dari Anda atau memukul sendok yang mendekati mulut mereka. Banyak bayi mengatupkan bibir mereka dan menolak untuk membuka untuk satu buah gigitan. Perilaku ini normal dan akan berlalu jika tercipta hubungan yang positif dan pengalaman yang menyenangkan dengan makanan.perhatikan: Harap dicatat bahwa banyak bayi juga akan menolak untuk disuapi makan jika mereka merasa tidak enak badan atau jika mereka sedang tumbuh gigi. Kelelahan juga dapat mempengaruhi kebiasaan makan bayi. 
Apa Yang Bisa Saya Lakukan Saat Bayi Saya Menolak untuk Disuapi? 
Ambil napas dalam-dalam dan rileks.Kami telah menemukan bahwa ketika bayi kami mencapai milestone baru, menawarkan mangkuk dan sendok adalah salah satu cara paling sederhana untuk menyenangkan dan mendorong mereka. Kami mencampur makanan mereka seperti biasa dan membiarkan mereka mencoba untuk makan sendiri. Anda juga bisa bereksperimen dengan metode Baby-Led Weaning - menawarkan makanan bayi dalam bentuk finger food.Oh ya memang, ini cukup berantakan dan Anda akan mengernyitkan dahi ketika makanan meluncur dari kursi makan menuju kaki kecil bayi yang lucu, makanan akan berada di rambut bayi dan mungkin ke telinga juga. Dan hanya ketika Anda berpikir bayi Anda tidak akan pernah berhasil menemukan mulutnya - Sukses. Duduk dan tonton dengan senang hati, bayi Anda baru saja menemukan arti kemandirian dan pencapaian. 
Kapan Saya Harus Berhenti Menyuapi?
Hanya Anda yang tahu kapan bayi Anda siap untuk berhenti disuapi. Semua bayi berbeda dan akan menolak disuapi pada usia dan tahap yang berbeda. Ada banyak bayi yang belum pernah disuapi sama sekali. Baby-Led Weaning adalah sebuah metode pemberian makan bayi yang sudah ada dan masih diterapkan di seluruh dunia. Bayi yang makan dengan metode ini tidak pernah makan puree "tradisional". Sebaliknya, bayi yang ditawarkan makanan sesuai usia yang lembut dimasak dan dihaluskan atau smooshed atau potongan yang sangat kecil. Makanan yang ditawarkan untuk bayi dan bayi makan makanan karena ia melihat cocok.
Tawarkan Lebih Banyak Makanan Self-Feeding 

Anda dapat mulai untuk menawarkan bayi Anda lebih banyak makanan yang memungkinkan dia makan sendiri, setiap kali Anda merasa dia siap. Jangan terlalu khawatir tentang jumlah yang dia makan. Menawarkan berbagai makanan bergizi sepanjang hari akan memastikan bahwa bayi Anda mendapatkan semua makanan yang dia butuhkan. Ingat, ASI dan / atau formula tetap menjadi sumber penting dari nutrisi sampai bayi usia 12 bulan.
Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel "When Baby Refuses to Eat from a Spoon - Why your baby won't eat from a spoon and what you can do to make mealtimes relaxed & fun" di Wholesomebabyfood

Berdasarkan pengalaman pribadi saya bersama Almira, anak saya ini bahkan menolak disuapi sejak umur 6 bulan dan tampak lebih antusias (belajar) makan jika diberi kesempatan pegang makanan sendiri. Jadi makin mantep dengan metode Baby-Led Weaning. Alhamdulillah sampai sekarang umur 1 tahun dia tidak pernah melakukan gerakan tutup mulut (GTM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar