Senin, 18 Juni 2012

Problematika Seputar BLW dan Solusinya

Berikut ini rangkuman cerita dari 20 ibu anggota grup Baby-Led Weaning (Indonesia) mengenai masalah-masalah yg mereka hadapi dalam menerapkan BLW pada anaknya dan bagaimana mereka mengatasinya. 


1. Ibu Wahyu Yulia:
"hr pertama yaitu kmrn aqu coba ksh mkn baby Alya (8m2w tp blm numbuh gigi) buah2an yg dipotong2 ada semangka & melon.. tp seblm2nya sih udh pernah jg aqu ksh dya buah pir,apel yg dipotong tp cm 1-3 ptg krn niatnya cm pengen ngelatih gusinya utk gigit biar cpt tumbuh gigi bkn utk ngajarin BLW..hee.. nah pas kmrn itu aqu ksh Alya buah semangka & melon agak byk krn emang pengen ngabisin stok 2buah itu, kan ga bs lama2 tahannya dikulkas.. aqu biasanya ksh dya mkn buah itu jadwalnya pagi ya ga pagi2 amat sih, sambil nonton di dpn tv, Alya duduk diatas karpet kain, pasti aqu nontonnya warna di trans7,eh pas bgt tentang BLW,, jd sekalian mempraktekkannya deh.. tp blm bener bgt soalnya aqu udh liat Alya ga mkn buah yg aqu sediakan malah diremes2 sm jari jemarinya yg menggenggamnya kuat bgt, jd semangkanya diperes2 gitu deh sm dya, yawdah aqu inisiatif nunjukin dya cara mknnya tp dya tetep aja blm ngerti, akhirnya malah aqu suapin aja ke mulut dya.. hehee.. emak2 ga sabar krn mikirnya sayang ama buahnya yg cm bwt diancur2in plus jg bikin kotor tikarnya ibu mertuaqu (oya, aqu tinggal sm mertua) kan jd ga enaken.. :( trus siangnya aqu sung cr tw di fb deh, ternyata aqu br tw klo mang sprti itu awalnya dan butuh waktu yg ga sbntar kan..

trus hr kedua yaitu hr ini,pagi ini tepatnya aqu mencoba ber-BLW lg, menunya sm dgn yg kmrn ditambah alpukat potong, lebih byk dr hr kmrn,, trus aqu jg siapin pure buahnya yg dijus bwt dya minum di gelasnya setelah dya udh bosan,soalnya bljr dr yg kmrn dya kan ga byk mkn buah, takut pupnya ga lancar.. hee.. jd aqu mix aja deh crnya biar dya tetep aqu ksh mkn sprti byasa cm ada diselipin teknik BLW jg.. heuheu.. nah yg hari ini aqu benar2 membiarkan Alya meng-eksplor makanan yg ada dihadapannya,, bener2 aqu biarinin, mw dya remes kek buahnya, mw dilempar, mw diacak2 jg aqu liatin aja,, malah aqu ksh semangat plus bikin video dya lg.. (moment2 yg penting) hehee.. aqu mikirnya drpd dya mainin & gigitin yg lain mending buah2an yg aqu ksh itu.. wah pokokonya alhasil berantakan bgt jdnya,, buahnya udh pd bertebaran diatas tiker disekitar dya duduk, mangkoknya dya angkat ke atas trus ditarok di kepalanya,, pokoknya lucu bgt dueh,, bajunya apalg clnnya udh meraaah aja smw.. hihiii,, tp yg bikin aqu senang jg dya udh mulai masukin buahnya kedlm mulutnya.. horeyy.. berhasill.. ^_^ senangnya.. tp abis slesai itu aqu kerja bakti sendiri bwt ngebersihin tikernya mertua yg udh basah & bau buah2an yg udh ga jelas,, yg ada klo duduk disitu celananya pasti basah & bau,, yawdah aqu lap aja pke tisu sampe ga terlalu basah trus aqu lap lg pake kanebo biar ga lengket, trus terakhir aqu hair dry-er deh tikernya biar cpt kering.. hehee.. perjuangan memang.. fiiuuhh.. tp tetep semangat utk mencoba lg esok, lusa, dstnya.. semangat ibu2.. perjuanganmu blm berakhir,, smw akan indah pd waktunya.. trust me it work.. hehee..
puanjaaang yah.. soalnya lg semangat2nya nih buibu.. walau melelahkan tp puasss rasanya.. ^_^

2. Ibu Adria Agita Amulya
"jujur problema ber BLW bukan dr sibaby tp dtg dr sekitar apalagi keluarga,memang gak secara langsung ngomong tp kata2 'kok kurusan ya' sampe aku akhirnya buatin bubur/puree tp keluarga kaya ragu dipikir aku asal2an kok semuanya dimasukin,.sempet aku nerapin sistem suap paksa karna gregetan dgn skitar,.bathinku nangis rasanya bertolak belakang dgn cita2ku,suami entah mendukung/tidak yg pasti dia diem aja,.kebetulan sekali beberapa hari lalu dia liat trans 7 tntg BLW,aku ksh tau klo aku ikut grup itu dan sbenernya pengen nerapin itu gak trasa sambil mencurahkan uneg2 air mata ini bercucuran,suami menjawab ya udah gak usah dengerin siapapun,apa yg menurutmu baik ya lakuin yg penting ank sehat,.alhamdulillah skrg sdh mulai berBLW lg,smoga lancar terus"3. Ibu Anggun Oktari
"Honestly, belum pernah mempraktekkan blw, tapi uda semangat 45 buat menggunakan metode ini buat sang nengnong (athifa, 4m17d). Karena di keluarga belum familiar dgn metode ini, dan saya khawatir nantinya akan muncul sang problematika, jadilah mulai bersosialisasi sejak dini hihi. Salah satu caranya dengan banyak berceloteh tentang blw, nunjukkin foto-foto seru para bayi yang sedang ber-blw ria pleus video2 bayi2 blw lucu d utube yg sukses bikin gemes yg nontonnya. Jadilah sampai saat ini keluarga menyambut positif rencana permpasian pake blw, alhamdulillah. Semoga nanti pada saatnya semua berjalan lancar car carrr.. Thifa enjoy dgn acara makannya, sehat2 selalu, semua senang, semua riang :D"4. Ibu Ayu Primadini "berdasarkan pengalaman buruk pengenalan makan dengan anak pertama saya dulu, saya pun langsung jatuh cinta dengan blw untuk diterapkan ke anak ke-2 saya, Tara. Ceritanya sejak umur 4bln kenaikan Bb nya slow bgt,sbulan cuma 100gr.. Umur 6bln mulai makan ala blw, menyenangkan sekali..tapi sayang jg gak trlalu ngeboost Bb-nya.. Kami konsultasi ke dokter lalu cek darah dan urinnya, hasilnya ternyata Tara anemia defisiensi besi.. Dokternya pun meminta saya untuk menambah asupan makan Tara (selain dibantu dengan suplemen besi juga harus dibantu makanan tinggi besi), bukan sekedar membiarkan dia makan sesukanya, paling tidak sampai BBnya normal agar tidak masuk status gizi kurang. Agak sedih jg kalo harus berpaling dari blw,memaksa memasukkan kalori ke tubuh anak kok kayaknya bukan solusi yg tepat ya.. Jadi skrg solusinya, makan nya dia dalam sehari saya target harus masuk brp byk..tapi tetap gak maksa,akibatnya seisi makan jd banyak bgt..bisa 5-6kali sehari dg durasi yg singkat2 tergantung kpn anakku mau menyudahi sesi makan nya.. Kadang dia mangap2 minta disuapi,ya kusuapi..atau kadang juga dia cuma mau main-mainin makanannya gak niat masukin ke mulut, tapi nggak nolak kalo saya yang masukin makanan ke mulutnya, ya saya masukkan juga (dengan catatan dia tdk menolak).. pokoknya saya coba supaya sesi makan tetap fun,ga maksa..tapi kalori yang masuk tetap cukup...;)"



5. Ibu Andri Ratna Sari Wibowo
"Kalau aku siy kendalanya anakku masuk gizi kurang dan nyaris ADB. Aku baca di buku GR beberapa anak perlu suplemen. Anakku sangat persisten untuk hanya menelan dari hasil usahanya. Jadi bukan disuapi mau kita jungkir balik kaya apa juga. Dari lahir memang BBLR jadi kami memilih BLW dan suplementasi. Pernah jg minum suplemen enzim dari dsa dan lumayan kenaikannya. Sedikit manipulasi memang but life is all about choice:) Anakku masih underweight tapi kami sudah berdamai dengan itu. Tintin juga kecil tapi cerdas dan jagoan:)

Satu lagi kendala BLW yg kadang jadi gunung es kalau di rumah itu BERANTAKAN!! Suamiku tuh wlu mendukung BLW dia selalu terganggu sama berantakan. Gengges gitu:) Jadi kalau weekend dia sibuuk mungutin remah2nasi kadang kelepasan juga saya dimarahin. Solusinya saya gamau terbawa suasana. Jadi muka badak gitu. Soalnya kadang orang ga adil juga seneng liat atha udah terampil makan (eh,atha udah bisa nyampur lauk sama nasi loh pake tangan..heehee) tapi ga mau berproses. Jadi ya...saya cuekin aja. My Son My Way!! Klu sore sebelum suami pulang saya sweeping remah makanan wlau ga mungkin bersih banget juga karena atha itu nibbler. Tidur jam 9 malam,jam 8 masih ngemil:)
Nah seperti semua orang tau atha itu bayi kecil. Dia memang mungil,kapasitas makannya memang ga sespektakuler anak2tetangga di komplek rumah. Ada yang bilang atha makannya seucrit:) Seucrit tapi dia nibbler nah saya nyiasatinnya dengan cemilan tinggi kalori. Misal : pasta,schotel nasi,banana split,puding,scones dengan isian cream dan selai stroberi (tentu semua homemade ya). Tapi kadang pasrah juga udah bikin heboh2tapi milih kacang panjang rebus. Hahaha! Suplementasi besi masih jalan (kadang kelupaan)."

6. Ibu Andari Kadarwati
"Senangnya BLW, Salman tdk pernah GTM walaupun sedang tumbuh gigi atau batuk pilek. Sedihnya, makannya jadi sedikit dan minum asi jg sedikit. Berat badan sampai melorot 400g. Mengatasinya, supaya sembuh dari batuk pilek dengan terus minum asi dan makan buah dan sayur yg segar atau dikukus jadi vitamin msh tinggi. Syukurlah, daya tahan tubuh semakin baik. Obat batuk pilek dari dokter dikasih sekali saja, krn takut trauma. Setelah sembuh, nafsu makan kembali lagi :). Untuk menaikkan bbnya, makanannya saya beri lemak seperti keju dan mentega setiap hari. Setiap beberapa hari, dikasih daging/ayam cincang. Syukurlah bbnya naik lagi :)
Sekarang sedang ngajarin Salman makan dengan sendok, tapi masih belum bisa blw dengan sendok krn sendoknya sering dimainkan atau dilempar. Jadi balik lg blw dengan finger food, atau jadi saya suapin deh.... Heheee..."

7. Ibu Nur Hajjah
"Masalah awal ad;l meyakinkan suami untuk mpasi blwan...dia blg aneh2 aja,nti klo keselek gimana?..putar otak..ting!!! ketemu solusinya:aku sering buka blog BLW didepan suami terus baca keras2 manfaat BLW,trus suka bgt nyeritain keuntungan2 BLWan pas nyusuin Salman (padahal niatnya cuma pgn didenger suami,trus pesen buku BLW...dan hasilnya suami buka pikiran,dia bilang yah dicobain aja nanti trus dia mau baca buku BLW heee...

 Masalah selanjutnya:aku gak punya HC tapi pengen bgt,suami blg mihil bener...ting solusi dr suami,akhirnya dibuatin homemade HC..meski sederhana tapi sangat membantu saat Salman blwan...masalah klo aku lg down / meragukan apakah nutrisi anakku tercukupi dgn blw....solusiku adl membaca lg buku blw ama ngubek2 doc blw,baca status ama komen temen2 blw yg cukup inspiring...dan juga ngintipin menu2 yg dibuat para chef blw dan grup sebelah..biar selalu semangat blwan..."

8. Ibu Ian Agisti Dewi Rani
"Apakah anda tidak punya ART?
Apakah kemampuan memasak anda pas-pasan?
Apakah anda menerapkan BLW sebagai metode MPASI anak anda?
Apakah anda ibu rumah tangga yang masih tinggal bersama orang tua?
Apakah anak anda adalah cucu pertama yang selalu diperhatikan gerak gerik dan perkembangannya?
Apakah ibu anda orang yang famous di keluarga dan lingkungan?
Apakah ibu anda senang bergaul dengan geng arisan dan geng rumpi bahkan geng eyang-eyang?
Apakah anda dikelilingi tetangga iseng yang suka memantau perkembangan anak orang?
Apakah ada anggota keluarga anda yang jadi kader posyandu yang “tahu” seluk beluk perkembangan balita?
Apakah anda berteman dengan sesepuh keluarga dan teman-teman ibu anda di facebook?
Itu yang saya alami, demi meluluhkan hati ibu saya demi lancarnya proses BLW, maka ini yang saya lakukan:
1. Mulai BLW ketika rumah masih sepi, atau boleh juga di luar rumah.
2. Bikin foto anak anda sedang makan sendiri dan pastikan foto anak anda dengan pose lucu, menggemaskan, dan commentable. Ingat! semakin berantakan semakin commentable!
3. Upload foto anak anda di facebook
4. Tag keluarga anda, teman-teman anda, teman-teman ibu anda, kalau perlu pejabat setempat, seperti RT,RW, lurah, camat, etc. (ibu saya aktif di kegiatan sosial masyarakat)
5. Tunggu sampai banyak orang yang “like” foto dan comment di foto anda.
6. Tunjukkan ibu anda, disertai dengan pengantar yang memancing haru.
7. Maka ibu anda akan luluh dalam metode BLW. Kalau yang terjadi pada ibu saya, malah beiau yang jadi “hobi” bawa anak saya arisan atau rapat-rapat dan bawa bekal buah-buahan untuk dipresentasikan pada teman-temannya, kalau cucunya bisa makan sendiri. Anak saya jadi semakin sering “latihan makan”

9. Ibu Echa
Membahas tentang Baby-Led weaning..
Sepertinya masih banyak orang yg meragukan manfaatnya.. Mulai dari menstimulasi tangan bayi, belajar mandiri & lebih terhindar dari GTM. Sayang sekali sy mengenal metode BLW-an saat umur kirana 8bln, padahal dari 6bln kirana sudah sering memegang makanannya sendiri, cuman waktu itu saya sempat shock melihat dy tersendak sampai muntah, dan disitulah sy mulai takut apabila dy
memegang makanannya sndiri, bahkan suamiku dulu slalu mngingatkan agar kirana bsa mkan sndiri & membujukku agar kirana dibiarkan makan sndiri & ttap dilatih, dibanding sy dngn suami dy
lebih bnyak tau dibanding sy yg dulunya mlas membaca, & belum yakin, smpai sy menemukan Grup BLW, membaca postingan para mommy serta membuka dokumen, diriku seperti merasa bersalah, & seperti ada yg mnampar sy karna trnyata slama ini diriku salah tidak membiarkan kirana lebih bebas menikmati indahnya makan sendiri.. dan mulailah saat itu kuperkenalkan lagi blw-annya yg dulu
BLWK (blw yg lama bersemi kembali)

Sampai saat ini walaupun belum bisa nyendok sendiri, tapi melihat kirana bermain dengan makanannya
membuatku terharu, bahagia, & sngat bangga & merasa berhasil bisa membantu menemukan dunianya untuk makan sambil menikmati apa yg ada dihadapannya..

walau belum 100% pintar BLW_an kirana sudah memperlihatkan banyak kemajuan, yg dulunya makanan yg hnya dibuat mainan skrang sdah bisa masuk kemulutnya tpi ttap belum smpai habis..cuman bbrapa gigitan & suapan,,:)

Ternyata kunci kesuksesan BLW semua trgantung dari kesabaran & kerajinan ibunya.. Yg siap anaknya blepotan dri mulut smpai kepakaiannya.. :) Jg sngat dibutuhkan dukungan dari suami & orang trdekat qt.

Intinya tidak ada kata terlambat mengajarkan anak qt untuk BLW-an, & tetap harus smngat & berjuang walau sering gagal itu sngat mmbatu qt dekat dengan keberhasilan.
*cmiiw..

10. Asih Novianti Ismail Aji
"tantangan blw aini datang dari sang dokter! waktu mulai mpasi, udah pede aja gitu bilang ke sang dokter kalau aini blw, tapi malah diomelin.. bilangnya pencernaannya belum kuat untuk nerima makanan padat. dan dia pake alasan kalo menurut dunia kedokteran, makanan pertama terbaik adalah bubur susu.
keki juga sih, tapi saya tetep yakin sama blw dan terus ber-blw..
bulan2 berikutnya, setiap aini kontrol ke dokter hasilnya selalu baik. dan dokternya tak pernh berkomentar lagi tentang blw aini.. :)"

11. Ibu Alvika Hening Perwita
"aku mau coba share pengalamanku yg menerapkan BLW Fadli pada usia 14m.. eh, bukan BLW lagi ya, tapi TLW :) problem utama justru ada pada diriku sendiri.. aku seperti kehilangan rasa percaya diri bahwa anakku bisa makan sendiri.. di awal MPASI, aku seperti tdk "menginijinkan" Fadli utk menggenggam sendiri makanannya, terlebih waktu itu msh 1 rmh dgn ortu, yg notabene kalo makan ya harus sambil jalan2 keluar rumah (seperti dialihkan).. pas udah 8 bulan, Fadli mulai aksi "mingkemnya", sampai di usia 13m pun masih begitu... aku usahakan buat ganti2 menu,ganti tempat makan, dll tetep masih mingkem. yaahhh karena masih jaman kegelapan, jd ga ngeh kalo Fadli maunya "maem sendiri".. sampai suatu ketika, Allah mempertemukanku via dunia maya dgn mom Andri Ratna Sari Wibowo.. dr mom Andri itu aku belajar "ikhlas" utk membiarkan Fadli" bercengkrama" dgn makanan yg kusuguhkan. di usianya yg 14m, alhamdulilah kami sdh rumah sendiri dan saya bertekad utk "terjun bebas" (istilah mom Andri) menerapkan full TLW pada Fadli. di rumah sendiri inilah rasa percaya diriku mulai muncul (krn sdh tidak ada intervensi ortu), aku yakin anakku bisa makan sendiri walau udah dibilang telaaaatttt bgt. utk awalan, aku kenalkan pada buah potong, sayuran kukus (sebelumnya buah selalu di puree kecuali pisang, anggur; sayuran selalu dicampur dgn nasi).. utk awalan ini memang selalu dilempar2, lalu aku ajarin Fadli menggenggam, masuk mulut, dan mengunyah, alhamdulilah bisaaa... baru kemudian aku tingkatkan ke makanan one dish meal spt kroket, pancake, nasi bola, dll.. bisaaaa juga... kemudian aku nekat bikin menu Fadli yg sama dgn menu keluarga, hasilnya? Fadli tambah antusias utk makan... sekarang? Fadli alhamdulialh sudah sadar makan, menjumputi sendiri makananya, kadang duduk manis lesehan, kadang pakai sendok, lihat makanan selalu antusias, dan telah menunjukkan pada oma-nya bahwa ia bisa makan sendiri :) alhamdulilah.. kuncinya ada pada keoercayaan penuh yg aku berikan pada Fadli, kubiarkan dia memilih apa yg sedang ia ingin makan, sering2 menawari makan, "rela" bersih2 badan Fadli + lantai yg sangat2 berantakan,dan ga lupa, beri fadli "kesempatan" :) thanks for the chance to share, mbak... i'm lucky to be one of the member of this precious group..."12. Ibu Ayya Pranciz"Jelang 7 bulan waktu itu ,saya tergoda untuk menyuapi anak saya, Adit (8 bulan). Karena merasa sendiri gak dapat dukungan dari suami. Walaupun satu saat suami juga mengikuti apa yang saya lakukan, memberikan makanan berupa buah atau sayur yang sudah saya kukus sebelumnya. Sepertinya dia senang, tapi teteeeep giliran anak saya gagging suami langsung panik ,hahay..dan berdehem dehem ria berharap anak saya menirunya. Lalu memarahi saya yang tertawa dan diam tanpa melakukan apa apa untuk menolong anak kami.
Kembali pada kegelisahan tadi, setelah tergoda untuk menyuapi dan membuatkannya (Adit) puree buah..tibalah waktunya untuk mengecek BB di Posyandu..berdebar rasanya tiap kali berhadapan dengan si timbangan besi...berharap Ibu kader menyebutkan angka yang bertambah banyak dalam hitungan BB anak saya. Dan ternyata eng..ing..eng...1 ons.."yaaah cuma nambah 1 ons" gerutu kekecewaan dalam hati saya ,hihi. Nah dari sanalah semakin besarnya keinginan untuk menyuapi dan hampir sama sekali melupakan BLWnya, hanya sesekali saja untuk cemilan buah atau sayurnya ketika dia mupeng melihat orang tuanya makan.
Satu bulanpun berlalu, sepertinya semua baik baik saja. Saya pun tidak memaksa dan menargetkan untuk habis sekian banyak atau sekian sendok. Saat anak saya menutup mulut, memalingkan wajah, dan duduk bersandar pada kursinya, saya akhiri sesi makan ini. Dan saat posyandu kembali, BBnya bertambah 4 ons. Berasa dapat hadiah atas apa yang saya lakukan,hehe. Akan tetapiiiii berlanjut pada masalah yang mungkin tidak aneh lagi lah buat para Ibu Ibu, yaitu GTM. Yaaa, gak aneh kan..untung tidak petrapet tutup mulutnya. Anak saya masih mau membuka mulut namun melepehkannya kembali, sesaat setelah makanannya masuk. Berlangsung sepanjang sesi makan setelah suapan awal yang sukses. Saya mencoba membuat tekstur makanan yang agak kasar,sama..lembut pun sama. Aduuh ternyata ini yaa perjuangan dalam berMPASI.
Hari ini saya ingin kembali memberikan kesempatan padanya, agar mendapatkan kembali kesenangan dalam belajar makannya. Saya harus mulai dari awal lagi sepertinya, karena tadi saya coba dengan alpukat eh sukses lhooo ancur di tray, ciprat ciprat di dinding, netes netes tak beraturan di lantai, tangannya asyik bertepuk tangan, dan seringnya melakukan gerakan seperti kita sedang mengelap,kiri kanan kiri kanan lalu di pukul pukulnya tuh alpukat..haha..ga ada sama sekali yang tertelan karena asyik bermain dengan alpukatnya.
Jadi kita harus konsisten kali yaa, kalau ingin merasakan manfaat dari BLW ini. Bissmillahirrahmanirrahim saya mulai kembali belajar BLWnya ,tok..tok..hehe.. Do'akan ya Ibu Ibu semoga kami berhasil. Aamiin.saya tidak merasakan langsung kendala ibu ibu lain yang tinggal sama orang tua atau mertua, karena kami bertiga tinggal di perantauan. Tapi saya tetap mencoba untuk mengenalkan kebiasaan atau kegiatan yang cucunya lakukan. Salah satunya makan, sengaja saya telpon via 3G (video call) ibu dan bapak mertua saat anak makan. Mereka seneng liatnya, walaupun berkomentar; kaya kelinci makan wortel, kaya m*nyet makan pisang, sakit perut makan mangga pagi pagi, atau..entar kentut muluu di kasi ubi, hehe...tapi tetep bilang "waaah pinter" untuk sementara mah aamaaaaan.. Nah ,nanti gimana ya kalau pulang kampung ? Ah paling tidak sedikit banyak mereka sudah tau kalau cucunya bisa makan sendiri, walaupun akan meng"ancur"kan rumah mereka nanti,,mama siap sedia selalu untuk mengepelnya,hehe..dan mengeksekusi kehebohan jiga gagging terjadi."

13. Ibu Juliati Eka Chandra"Aq juga termasuk yg tdk konsisten, awal MPASI aq coba pake BLW, BB Igo masih naek normal, tantangan terberat memang dr yangtie-nya, "anak koq dibiarin makan ky ayam..", kata beliau. *berantakan g karuan, dan memang konsekwensi dr BLW*. Sudah 2 bln ini BBnya merosot terus plus GTM kelas berat pula, Igo kecolek gulgar, hny mau tekstur yg sangat lembut, niat hati nerusin BLW agak memudar, smp suatu saat aq biarin Igo dg piring makanannya diatas karpet kesayangannya..dan...hwallaaa...Igo mulai ma2m sendiri, ternyata Igo g lupa,xixi...sejak saat itu balik lagi ke BLW, walaupun TETEUPP..msh pake acara disuapin sama yangtie-nya tp aq optimis Igo bisa, plus wkt ayahnya nonton liputan trans7 kemaren jd dape dukungan deh..., hal ini sudah berlangsung selama 2 minggu. Hobi barunya skrg adalah mungutin makanan yg kecil2 truss hhaaapp...mendarat dimulutnya, walau makanannya besar dg sengaja diremas biar hancur, nah.. si serpihan yg kecil2 itu yg di makan, sedangkan yg besar Igo sodorin sama org sekitarnya *mungkin maksudnya dikasih org, Igo yg kecil az kali y..,g ngerti juga deh* Hopefully bisa terus ber-BLW ria spt moms yg lain."

14. Ibu  Nurul Waflah
"Anak saya mulai MPASi usia 6m kurang 5 hr. Sejak awal saya memang ingin mencoba metode BLW ini,walaupun sudah anak ke empat gak masalah rasanya. Dan trims unt ukhti eka luthfie yg sudah mngenalkan BLW ini kpd saya.
Awalnya tdk mudah memang,ketika saya sodorkan sepiring buah alpukat dihadapan faris,dia tdk mnyentuhnya sama skali,dia hanya memandang2nya saja,saya pun mnjadi tdk sabaran melihatnya,saya kasih buah itu ke tangannya tp faris tdk tahu mnyodorkannya ke mulut,bgitu sterusnya sampai 3 hr. Akhirnya krn saya btul2 tdk sabar dan takutnya dia kelaparan dan kurang nutrisi,maka saya kasih faris puree buah slama 2 hari. Hari slanjutnya saya baca2 lg pengalaman ibu2 lain di group ini,dan saya pun s,mangat lagi unt mencoba BLW. Dan ktika faris saya sodorkan makanan lagi dia msh memandang saja,tp ketika saya arahkan tangannya dia sudah mulai menggapai2,ada kmajuan pikir saya. Dan bsk nya dia mulai bisa menggapai dan sudah mau memasukkan buah itu ke dalam mulutnya. Alangkah bahagia nya saya,yg sblmnya hampir menyerah krn saya kira faris tidak mau dan tidak bisa makan sndiri.Trima kasih unt bunda2 yg sudah berbagi pengalamannya disini.."

15. Ibu Diyan Hastarini
masalah : begitu liat anak saya maeme lahap, pgne dikasih makan terus dan cepet galau kalau lebih banyak bermainnya drpada yg tertelan.
Solusi : baca lg buku blw utk mengingatkan diri sendiri, kalau kepepet curhat di grup ini."

16. Ibu Astina
 "Problem anak sy waktu pertama BLW semangat banget makannya. Tp sekarang udah mau 8m kayak males2an makannya.
Sy siasati aja waktu makannya nya. Klo pagi bangun tidur dan habis mandi baru sy sodorin makanan. Waktu siang dan sore jg gitu. Nunggu dia bangun tidur, dan gak sy kasih cemilan dulu kecuali buah potong :)"

17. Ibu R Yani KUsmayani
"Seneng menerapkan BLW,walaupun buat saya terbilang msh baru dan telat,my baby 11m, belum lama terapkan BLW,ini pun msh adaptasi,jd kadang2 sy msh suka ikut campur sm acara makannya Ilya,apalagi saat dia keasyikan main (kan suka lupa sm makanannya).
Suamiku bilang,"Enak dooong,g usah nyuapin..". Embeer,apalagi kalau lagi lahap,wah..disodorin apa,langsung diambil..hap..hap,lahap. Seneng ngeliatnya :-D
Makanannya pun so simple to make. Anakku pun lebih enjoy makan menggunakan jarinya sendiri mencomot,dibandingkan jari Bundanya menyuapinya.
Problemnya yg paling pokok sebenarnya 1 aja,kalau anak sedang "g mau makan". Itu saja. Di satu sisi, kita tdk boleh memaksa dia makan,krn bisa menimbulkan trauma makan.Tp di sisi lain kita pasti merasa khawatir,bagaimana dg asupannya,gizinya cukup atau tidak,entar BB nya turun...dst.

Berbagai cara akhirnya diupayakan agar anak tertarik u makan.
1. Dari RASA makanannya.
Yah,orang dewasa aja bisa bosan kalau makan itu2 aja,baby juga 'mungkin' bs ngerasainnya juga...Jd selain plain rasa asli,bisa kita bisa bumbui :
-tempe tahu dibacem misalnya,atau daging ikan kukus dikasih minyak wijen yg aromanya khas,
-kentang kukus dikasih saus cocolan bechamel dr susu kedelai
-roti gandum dipanggang tambah
bawang putih,jd garlic bread misalnya.
-pisang ambon, ditaburi keju misalnya.
-buah potong,dibikin salad buah warna warni : semangka merah,melon kuning,alpukat hijau dlm 1 piring.

2. Dari BENTUK makanannya
kali aja bosen kalau cuma dipotong panjang2,pengen jg dibentuk mobil,bunga, panda,kucing,sponge bob,angry bird,hahah....
siap2 deh mencopas bento2 yg suka bunda2 uplod,he.. Boleh juga hunting2 cetakan telur,cetakan agar2, cetakan roti,cetakan nasi,cetakan buah+sayur,ke daisho, ace,atau yah kreasi kita sendiri dibentuk tangan/pakai pisau..

3. Dari ALAT MAKANNYA
Anak kan paling jeli kalau soal meniru. Ibunya pegang sendok besar, dia penasaran. Ibunya makan pake piring kaca,mau coba.Selagi dia tertarik dg apa yg kita makan,kita pakai,nah..kesempatan nih..mestinya dia juga lagi pengen mencoba,dan mau 'makan' meski hrs seperti ayah bundanya. Ah,buat saya,yg penting nyam nyam... :-D
 Sekali2 piring pakai piring kaca boleh dong (tp diawasi ya..)
Set makannya ganti motifnya... Jangan piringnya yg itu terus.
Gelasnya mungkin sometime pake yg spout,the other time pake gelas biasa disruput, kali lain pakai sedotan.
Dst.

4. Dari "suasana" makannya,
Makan bs dg suasana formal,di meja makan,semua berkumpul.
Makan bisa di tempat mainnya,lesehan,sambil main,sambil nonton.
Makan bisa di mobil2an mainannya (ngebayangin klo jajan di jalan/perjalanan kan makannya di mobil)
Makan bisa di taman rumah,suasana piknik, bo!

5. Rajin2 browsing, hunting+copas resep pakarnya masak,termasuk foto2+resep masakan Bunda2 di sini.
 Telor diapain ya..biar rasanya beda?
Ubi dibikin apa ya,biar lebih maknyus?
Roti kampung alias singkong digimanain ya,biar makannya selahap roti dr kota?
:-D
Saya termasuk yg g jago masak. kalau jago dah buka catering sm warung nasi kali :-D
Tp ya melihat,bunda2 lain pd semangat masak,jd aura positif buat nyoba masakan baru deh jadinya."

18. Ibu Evie Mahardika
"Kendala paling besar saya ketika memulai BLW dan selama BLW ini adalah justru dari saya sendiri,Bintang baru saya terapkan BLW di usia 18m,karna itu saya kadang terlalu khawatir dan stress memikirkan anak tidak cukup makan.apalagi klo seharian cuma sedikit yang masuk,bawa'annya ingin marah terus,ga mau diganggu urusan lain selain urusan anak,tapi justru kalo sudah begini si anak biasanya akan makin bertingkah..solusinya sementara ini saya masih harus banyak belajar banyak tentang BLW dan belajar dari bundas di sini,banyak baca sharing2nya yg menginspirasi dan menyemangati,juga selalu mengingat apa kata Maman Andri,berjalanlah seiring dengan permasalahan anak...jadi jangan menentang arus,gitu ya maman?di satu waktu saya bisa dengan mudah menerapkan ini dan proses BLW pun berjalan lancar,tapi di satu waktu saat mungkin Bintang ga mood untuk makan sementara seharian makanan sedikit yg masuk stress saya langsung kambuh,kalo sudah begini biasanya cuma bisa menghela nafas menyabarkan diri lalu meluncur ke dapur membuat makanan baru yg cepat jadi misal kentang goreng,tempe goreng balut tepung.pagi ini sudah hari keempat Bintang malas makan..masih ada sedikit rasa stress tapi saya coba buat santai,meskipun sawut singkong keju yg saya buat cuma dimakan dua suap kecil(tentu saja dia yg suap sendiri ke mulutnya),secuil tempe goreng,2 gigitan pisang...ya sudahlah nak,mungkin kamu belum ingin makan...saya masih akan terus berjuang untuk konsisiten dengan BLW ini,karena saya ingin memberi yg terbaik untuk Bintang..."


19. Ibu Nurul Fitri
"Bayi saya baru beberapa hari belajar BLW....itu juga karena dia ud 1bln ga mau makan. Kendalanya ternyata bukan dr bayinya...tapi dari sayanya yg gak sabaran liat pisang dibejek2...mampir ke rambut, baju dll. Udah gitu dr lingkungan sekitar spt ayahnya, nenek kakeknya....mereka ngeri keselek lah.....waahhhhh...tapi ternyata bayinya malah menikmati aja tuh...bejek2 makanannya. Dan dia bisa koq keluarin makanannya yg ga bisa ketelen....walaupun dr setiap makan cuma sedikit sekali yang masuk ....tapi karena kemarin ud sempet curhat disini...jadinya ya.....bentar2 dikasih makan deh. ntah itu labu siam, pepaya....pear...apa aja d yg saya liat ada di meja makan saya kasih."

20. Ibu Dian Hafiz Kusuma Wardhani 
"Masalah : ga bisa full BLW karna ga dapat ijin dari orang2 terdekat *termasuk abinya*, padahal dd salman (7m1w) dan ummi sangat menikmatinya.. Pas lg teething juga, pengen gigit ini itu, cocok banget deh buat BLW. Disuapin bubur jg masuknya dikit, anaknya tampak tersiksa.. T.T
Solusi : BLW kalo lg berduaan aja sama si dd..hehe *umum banget yak* sambil sesekali cerita sukses si dd hari itu makan apa aja dg BLW, semoga segera diberi lampu hijau bwt full BLW"







Tidak ada komentar:

Posting Komentar